KATA MUTIARA

CITA - CITA ITU HARUS DIGAPAI DENGAN KERJA KERAS

Sabtu, 01 Oktober 2011

Diposting oleh Unknown

Kemacetan adalah sesuatu yang bukan hal asing lagi untuk masyarakat kota Jakarta, karena hal tersebut pasti pernah dirasakan oleh semua pengguna jalan, baik jalan tol ataupun jalan raya. Apa lagi bagi semua karyawan, anak sekolah, dan semua masyarakat pasti mengeluhkan kemacetan yang terus semakin parah. Mulai dari pagi hari sampai menjelang malam hari semua pengguna jalan bertumpuk. Ini dapat mengganggu efektifitas serta permasalahan lain akibat terkena dampak ini seperti polusi yang bertumpuk saat terjadi macet. Coba hitung berapa banyak BBM yang terbuang secara sia -  sia akibat kemacetan yang panjang serta coba hitung tingkat terbuangnya waktu.

Masalah ini menjadi sebuah masalah sosial, mengapa bisa dibilang begitu? karena hal ini menyangkut masyarakat banyak. Seharusnya pemerintah selaku pengedali negara harus membuat peraturan yang tegas menyangkut penanganan kemacetan yang ada. Tidak dengan membuat jalan layang atau pun perlebaran jalan, hal tersebut malah membuat permasalahan tidak akan ditanganin secara permanen tetapi hanya sementara. Tingkat kecelakaan semakin naik akibat jalan yang semakin luas, dan antara pengemudi tidak mempunyai aturan dalam menyetir.

Pengendara motor menjadi korban yang paling banyak dalam tingkat kecelakaan lalu angkutan umum setelah itu mobil dan pejalan kaki. Ini berarti diantara data tersebut pengendara motor menjadi kuantitas terbanyak, ini juga dapat dilihat dalam kehidupan sehari - hari dimana pengendara motor menguasai hampir setengah dari jalan yang ada. Setiap ruas jalan setiap macet ataupun saaat lancar selalu membuat pengguna jalan yang lain pasti mengalah kepada motor. Ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah, dimana penggunaan kartu kredit menjadi sebuah masalah karena membuat banyak orang diberi kemudahan tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi.

Selanjutnya adalah pemerintah harus memperbaiki kualitas kendaraan umum, kebanyakan dari pengguna jalan mengeluhkan banyak sekali kekurangan dari kendaraan umum. Mulai dari tingkat kualitas kendaraan yang tidak layak jalan serta berbagai macam keluhan dalam berkendara umum. Jika pemerintah memperhatikan kualitas kendaraan umum maka tingkat pemakaian kendaraan pribadi akan berkurang sehingga bisa untuk mengurangi dampak kemacetan yang ada.

Tidak perlu menggelontorkan uang ratusan miliar rupiah untuk pengadaan jalan ataupun untuk perlebaran jalan, tetapi dengan hal yang kecil diatas bisa mengurangi dampak kemacetan yang panjang serta bisa membuat jalan raya menjadi jalan yang aman untuk dilewatin untuk semua pengguna jalan.

0 komentar:

Posting Komentar