KATA MUTIARA

CITA - CITA ITU HARUS DIGAPAI DENGAN KERJA KERAS

Jumat, 19 Agustus 2011

Diposting oleh Unknown

Mungkin kamu pernah berpikir bagaimana sebuah warnet bisa terhubung ke sebuah internet, atau jika kamu sering bermain game bagaimana bisa kalian bisa bertemu dengan berbagai account di lain tempat tapi bisa dalam waktu bersamaan, dan bagi yang suka bermain facebook, fasilitas chatting memungkinkan kita untuk ngbrol dengan teman fb kita saat kita online. Itu semua bisa terjadi dan tak kan bisa terjadi tanpa adanya sebuah jaringan atau network. Ya tanpa sebuah jaringan kita tak akan bisa terhubung dengan  seseorang di lain tempat, bahkan antar benua yang jaraknya mungkin bisa ribuan kilometer dari kita berada sekarang. Contoh sederhana dalam kehidupan sehari – hari, kita mempunyai teman dan teman itu punya teman lagi dan seterusnya. Itu membuat kita mempunyai sebuah jaringan sosial yang dapat memperbanyak teman dan kenalan kita. Naaahh, seperti itu lah filosofi sebuah”Jaringan Komputer”.

Seperti itu lah konsep sederhana tentang sebuah jaringan komputer, lalu kalau secara ilmu pengetahuan apa sie itu”Jaringan Komputer”. Mari kita baca lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui secara lebih jelas.

Jaringan komputer adalah saling terhubungnya sebuah komputer dengan komputer lain dalam sebuah area dengan menggunakan sebuah transmisi atau alat penghubung yang membuat komputer dalam ruang lingkup tersebut mampu saling berkomunikasi untuk dapat bertukar data, terhubung ke dunia internet, saling berbagi sumber daya(printer,scanner)dsb. Disini sebuah jaringan komputer mempunyai manfaat yang dapat menghemat waktu dan tenaga, misal jika ingin mengirim sebuah proposal kepada rekan kerja kita dalam satu perusahaan tapi beda lantai kita dapat menggunakan fasilitas sharing data. Disini kita tinggal melakukan beberapa kali klik mouse, dan tunggu beberapa detik maka proposal tersebut sudah ada di komputer rekan kita. Lalu penghematan hardware, sebuah hardware seperti printer yang mempunyai teknologi tinggi biasanya dapat menyita pengeluaran uang yang lumayan besar. Naahh, sekarang anda tinggal melakukan beberapa langkah untuk melakukan sharing printer tersebut sehingga satu printer dapat digunakan untuk beberapa komputer.

Setelah kalian sudah mengerti apa itu sebuah jaringan komputer, maka tahapan selanjutnya adalah pengenalan jenis – jenis jaringan komputer. Disini sebuah jaringan dibedakan berdasarkan luas wilayahnya, ada 3 jenis jaringan komputer yang ada saat ini dan mungkin sudah umum digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
Ookkkk .. mari kita lanjut untuk membahasnya guys. J
1.LAN(Local Area Network)
    Ini adalah jenis jaringan yang ruang lingkupnya terbatas pada sebuah gedung atau bangunan yang dapat  mengcover wilayah antara sekitar 500m – 1km. Biasanya menggunakan transmisi kabel yang menghubungkan antar komputernya. Contohnya ruang laboratorium komputer sekolah, atau jaringan komputer satu gedung unit usaha. Satu lagi mungkin yang sering kita dengar yaitu”warnet masuk ke klasifikasi ini.
2.MAN(Metropolitan Area Network)
    Dari kepanjangannya saja kita mungkin sudah bisa menerka seperti apa itu MAN dalam benak kita. Metropolitan, kata ini pasti identik dengan”KOTA”. Yaa .. seperti yang kita tahu, orang – orang sering menyebut”KOTA METROPOLITAN”dalam kehidupan sehari – hari untuk menyebut kota yg identik dengan kemegahan.
Kalau dalam ilmu komputer, MAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar yang berada dalam satu wilayah provinsi atau kota. Jadi MAN itu meneruskan hubungan dari jaringan suatu tempat ke dalam jaringan lain di lain tempat. Misal agar suatu cabang bank dapat komunikasi dengan cabang lain ini menggunakan fasilitas MAN.
3.WAN(Wide Area Network)
Kalau sudah berbicara WAN, maka kita akan berbicara tentang jaringan dunia yang didalamnya ada beratus – ratus bahkan beribu – ribu komputer saling terhubung. WAN merupakan jaringan paling kompleks dan rumit dalam penerapannya, jaringan ini biasanya menggunakan kabel bawah laut atau satelit dalam komunikasinya. WAN bisa dikatakan merupakan gabungan antara LAN dan MAN. Jadi kita memulai LAN, lalu MAN dan jika keduanya ada dan bergabung dan saling terhubung maka terjadilah WAN. Kita dapat memberi contoh suatu unit usaha untuk menghemat komunikasi, mereka dapat menggunakan fasilitas WAN yang ada. Mereka saling bisa mengetahui walau dibedakan benua.

Naahhh .. teman – teman jika dulu kalian mungkin belum mengetahui apa itu jaringan komputer, mungkin dengan adanya artikel ini dapat menambah  pengetahuan anda tentang apa itu jaringan komputer secara sederhana. Selamat mempelajari .. J

1 komentar:

You Know Me mengatakan...

wah ternyata jaringan komputer itu pengertian nya mudah ya mas ^^

terima kasih sharing ilmunya ^^

Posting Komentar