KATA MUTIARA

CITA - CITA ITU HARUS DIGAPAI DENGAN KERJA KERAS

Rabu, 24 Agustus 2011

Diposting oleh Unknown


Karya ilmiah , sebuah karya tulis yang kadang dianggap sukar oleh sebagian siswa , mahasiswa maupun masyarakat umum. Ini disebabkan oleh sistematis penulisan yang terdapat pada suatu karya ilmiah , pembuktian yang  harus ada dilapangan , lalu kemampuan penguasaan suatu bahasa indonesia yang baik dan benar dalam penulisan karya ilmiah menyebabkan hal ini dianggap sukar. Padahal kalau kita mampu mengatasi hal tersebut maka penulisan karya ilmiah akan menjadi mudah.

Kemajuan suatu bangsa juga ditentukan berapa banyak karya ilmiah yang dibuat oleh warga negaranya , seberapa maju tingkat pendidikan dan kejeniusan bangsa tersebut bisa diukur menggunakan karya ilmiah. Hal inilah yang harusnya ditanam para generasi bangsa Indonesia , mereka seharusnya diberi pembekalan mengenai pentingnya penulisan karya ilmiah. Nahh , kali ini saya ingin memberi sedikit kontribusi dalam hal tersebut. Pada kali ini saya akan memberi sedikit ilmu tentang penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Penulisan artikel ini juga saya perolehan dari berbagai sumber yang saya rangkum , hasil pengalaman serta pendapat saya.
Okk , kita mulai saja ya ...

Secara pengertian , karya tulis ilmiah adalah tulisan yang disusun berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi syarat – syarat ilmiah tertentu dan digunakan untuk tujuan tertentu. Ini artinya suatu karya ilmiah harus berdasar penelitian yang dilakukan , dengan berdasar data yang diperoleh , dianalisa , serta disimpulkan lalu dibuat menjadi naskah tersendiri. Sehingga karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang menyajikan fakta umum dan ditulis menurut penyusunan penulisan yang baik dan benar. Tidak boleh berbohong atau pun merekayasa tanpa adanya kebenaran dalam data yang ada serta harus bisa menggunakan penyusunan yang sistematis tanpa asal – asalan. Ini berarti suatu karya tulis ilmiah mampu dibuktikan kebenarannya , dan berdasar fakta.

            Sebuah karya tulis ilmiah bisa menjadi kuat , jika didalamnya terdapat 3 hal. Pertama , pembuatan karya ilmiah tersebut didukung filosofi yang kuat. Jika kita membuat sebuah percobaan baru , kita harus bisa melengkapinya berdasar fakta serta berbagai penemuan yang ada sebelumnya dari bidang ilmu lain untuk mendukung kekonkretan hasil ilmiah kita. Kedua , dalam penulisannya dilengkapi gagasan – gagasan yang sesuai dengan akal sehat dan mampu dibuktikan sehingga bukan sekadar mitos atau omong kosong belaka. Gagasan -  gagasan tersebut membuat hasil ilmiah kita akan diingat oleh banyak orang sampai kapanpun jika mampu diimplementasikan menjadi sebuah fakta. Ketiga , pemikiran kita dapat diwujudkan dalam kebenaran. Kita harus mampu tidak hanya dalam bentuk teori , karena bentuk teori akan cepat bisa dipatahkan jika tidak didukung dengan prakteknya dilapangan. Teori hanya bisa berisi sebuah pemikiran , tetapi jika kita membuat pemikiran tersebut benar adanya maka kuatlah pemikiran tersebut.

Dalam penulisan karya ilmiah , bahasa yang digunakan adalah bahasa formal , berarti bahasa disini adalah  bahasa yang harus sesuai ejaan yang baik dan benar. Selain itu bahasa yang digunakan tidak berisi gejolak perasaan yang ada. Oleh karena itu tidak boleh menggunakan bahasa metafora , ironi , hiperbola , dsb tetapi harus yang lugas dan sederhana. Ini karena bahasa karya tulis ilmiah berbeda dengan karya tulis sastra , yang menuangkan perasaan penulis atau gejolak yang ada didirinya. Bahasa yang digunakan pun harus tetap menceritakan objek ilmiahnya tidak boleh ada tentang subjeknya alias sang penulis.

Bagaimana ? tidak rumit kan karya tulis ilmiah itu. Tinggal mengikuti aturan main yang ada , dan tinggal menumbuhkan sifat peneliti dalam diri kita maka kemampuan melakukan penulisan karya tulis ilmiah pun akan mudah. Selanjutnya , jika pada bagian atas menceritakan secara singkat apa itu karya tulis ilmiah maka sekarang kita membahas ciri – ciri dan syarat – syarat sebuah karya tulis ilmiah.

Ciri – ciri sebuah karya ilmiah adalah sebagai berikut :
1)      Menyajikan fakta secara objektif dan sistematis.
2)      Penulisnya cermat , tepat , benar , serta tulus.
3)      Tidak mengejar keuntungan pribadi , dalam pengertian tidak berambisi agar pembaca berpihak kepadanya.
4)      Sistematis dalam merencanakan setiap langkah penelitian.
5)      Tidak menonjolkan perasaan penulis.
6)      Tidak membuat pandangan – pandangan tanpa pendukung , kecuali dalam hipotesis kerja.
7)      Hanya memuat kebenaran , alias tidak menimbulkan keraguan.
8)      Tidak melebih – lebihkan sesuatu , yang disajikan hanya kebenaran fakta.


Syarat – syarat karya ilmiah :
1)      Objektif , berarti data yang diperoleh dari kenyataan harus dilaporkan dan dianalisa secara objektif. Selain itu harus dilakukan secara benar , teliti , apa adanya , dan tanpa prasangka.
2)      Sopan dan rendah hati dalam penggunaan kata dan kalimat agar berkesan tidak menggurui pembacanya.
3)      Jujur , Pendapat atau data yang diperoleh harus disebutkan dengan jelas sumbernya.

Nahh , sudah dijelaskan sebagaimana diatas ciri – ciri dan syarat – syarat sebuah karya tulis ilmiah. Ini berarti ada beberapa aspek jika karya tulis tersebut termasuk karya tulis ilmiah. Tidak boleh asal jadi dan asal publikasikan sebuah karya tulis ilmiah jika tidak memperhatikan hal – hal diatas....
Sampai disini dulu ya , kita lanjut pada edisi selanjutnya...
Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar