KATA MUTIARA

CITA - CITA ITU HARUS DIGAPAI DENGAN KERJA KERAS

Rabu, 24 Agustus 2011

Diposting oleh Unknown


Pada kali ini kita akan membahas internet , sesuatu yang sudah tidak asing lagi di telinga kita dan sudah familiar. Tetapi apa sesungguhnya  itu internet , apakah kalian semua tahu?naah , kita juga harus mengerti pengertian internet serta kegunaannya jadi tidak hanya bertindak sebagai user saja. Ok mari kita mulai ..

 Internet (Interconneted – network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs di dunia. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Internet bekerja menggunakan suatu protokol standar yang bisa menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan , penanganan kesalahan (error handling) , lalu lintas pesan , dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar tersebut disebut dengan TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer , jadi tidak dibedakan komputer yang berbeda hardware maupun SO yang digunakan.

Perkembangan layanan internet memperlihatkan perkembangan yang signifikan setiap tahunnya , ini dikarenakan ada beberapa keunggulan layanan internet diantaranya :

1.      Komunikasi biaya murah , dengan hanya biaya sedikit kita dapat berkomunikasi.
2.      Sumber informasi mudah dan besar , tinggal ketik google.com lalu search kata kuncinya maka kita dapat apa yang diinginkan.
3.      Tantangan baru dalam berusaha , adanya layanan e – commerce memudahkan para pengusaha untuk menggunakan internet sebagai media promosi.
4.      Keterbukaan (tanpa sensor) , hal ini memang di satu sisi dapat menimbulkan hal negatif dengan mudahnya mengakses segala sesuatu yang negatif.
5.      Jangkauan tanpa batas , layanan ini dapat menembus benua yang jaraknya begitu jauh sehingga dapat saling berkomunikasi.

Jika tadi adalah beberapa keunggulan dari internet , maka sekarang mari kita lihat apa saja kegunaan dari internet yang didapatkan dari semua bidang seperti bidang bisnis , pemerintahan , organisasi , pendidikan , dsb) antara lain :

1.      Internet sebagai media komunikasi , Hal ini karena dari segi efisiensi waktu internet lebih handal dibanding layanan komunikasi lainnya. Lebih mudah , cepat , dan murah merupakan salah satu layanan yang memanjakan para penggunanya. Ini didukung fakta oleh berbagai pihak , bahwa hanya butuh waktu 3 tahun bagi internet dengan teknologi web seperti email , www(word wide web) , FTP , dsb untuk menjangkau user sebanyak 60 juta orang , sedangkan radio butuh 30 tahun dan 15 tahun bagi televisi untuk seperti itu.
2.      Internet sebagai media promosi , diantaranya Image company , registrasi klien , jadwal pengiriman , pemesanan produk , dsb.
3.      Internet sebagai media komunikasi interaktif , ada suara , ada gambar , ada teks , semuanya lengkap dalam internet. Lalu dapat digunakan dengan biaya murah dan cepat.
4.      Internet sebagai media research dan development.
5.      Internet sebagai media pertukaran data , email lalu media skype merupakan salah satu media  yang dapat membuat kita bisa mengirim data secara cepat kepada orang yang kita inginkan.

Gimana begitu besar sekali kan manfaat internet , tidak perlu mengeluarkan uang yang begitu besar , lalu murah dan cepat dalam penyampaian informasinya. Jika kita harus menunggu pagi datang untuk mendapatkan berita baru dari sebuah koran , atau harus menunggu jam tayang acara berita pada tv atau radio sedangkan internet tersedia 24 jam. Hal ini sebuah terobosan di abad 21 ini , media yang bebas untuk mendapatkan informasi.

Untuk bisa melakukan akses internet kita harus menggunakan alat yang dinamakan modem (modulasi demodulasi) yang berperan mengubah signal analog ke digital. Alat ini mampu menghubungkan kita ke internet dengan melakukan konfigurasi TCP/IP.


Berikut ini Glosarium yang berhubungan dengan internet :
1.      Browser : Aplikasi yang digunakan pada komputer untuk mengakses informasi yang ada pada internet.
2.      Browsing : Menelusuri internet.
3.      Dial : Proses terhubungnya komunikasi ke sebuah alamat internet menggunakan suatu alat komunikasi , seperti telepon rumah atau handphone.
4.      Disconnet : Hubungan jaringan terputus.
5.      Web : Layanan penyedia informasi internet yang berbasis grafis.
6.      Web page : Halaman dalam sebuah web.


Naahh , sudah mengerti kan apa itu internet sebenarnya. Jadi kalian sebagai user tidak hanya bisa menggunakan saja tetapi harus mengerti apa itu internet dan serba – serbinya sehingga menambah pengetahuan kalian tentang internet.
Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna .. terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar